Kamis, 08 Desember 2011

Sejarah Mesin Pencari (Search Engine)




Apa yang kita lakukan jika kita perlu mencari sesuati di internet? Biasanya kita masuk ke salah satu mesin pencari, mengetikkan kata atau kalimat yang kita anggap emwakili apa yang sedang kita cari, menekan tombol, menelaah daftar hasil pencarian, kemudian mengunjungi salah satu yang kita anggap paling relevan dengan mengikuti link yang ada pada daftar hasil pencarian. Kita sekarang dapet menikmati buah kreativitas manusia dalam menciptakan teknologi. Apa yang dilakukan orang sebelum teknologi yang secanggih sekarang ditemukan?
Pada masa awalnya, internet tidaklah sesempurna yang kita lihat saat ini. Bahkan jaringan yang menghubungkan suatu website dengan website lainnya – selerti yang kita kenal sekarang dalam bentuk link – juga belum ada.  Internet pada awalnya adalah kumpulan server yang dipergunakan sebagai penyimpanan data, dimana orang harus melakukan upload untuk menyimpan file data dan download untuk mengakses file data yang sudah tersimpan. Untuk menemukan file tertentu, orang harus menelusuri daftar file. Jika anda telah mengenal komputer pada jaman DOS, anda dapat membandingkannya dengan mencari satu file di dalam disket dengan menggunakan perintah DIR. Kita sedikit beruntung jika anda mengenal struktur direktorinya dan mengetahui nama file yang dicari. Dengan proses seperti ini, mencari file di intermet adalah pekerjaan yang sangat melelahkan dan menuntut kesabaran.
Pada tahun 1990, Alam Emtage, seorang mahasiswa McGill University di Kanada menciptakan alat pertama untuk mempermudah pencarian data di internet. Archie, nama dari temuannya, adalah suatu bentuk indeks dari file-file yang berada di internet. Archie bukanlah mesin pencari seperti yang kita lihat sekarang, namun demikian cukup disukai pada jamannya. Pada prisipinya, Archie adalah indeks – daftar isi – dari semua file yang dapat diakses oleh umum pada jaringan komputer tertentu. Indeks tersebut kemudian dimasukan ke dalam database untuk mempermudah pencarian. Meskipun tidak secanggih mesin pencari masa kini yang memiliki kemampuan menganalisa struktur bahasa “manusia” (jadi inget Tukul), pada masanya Archie dianggap alat yang hebat dan dalam melakukan tugasnya, mengyediakan indeks file dalam satu sistem jaringan komputer untuk memudahkan pencarian.
Pada tahun 1991, seorang mahasiswa lain bernama Mark McCahill dari University of Minesotta menciptakan Gopher, yang memiliki kemampuan untuk mencari file melalui teks yang ada di dalam file tersebut, tanpa perlu mengetahui nama file dan struktur direktori tempatnya tersimpan. Veronica (Very Easy Rodent-Oriented Net-wide Index to Computerized Archives) dan  Jughead (Jonzy’s Universal Gopher Hierarchy Excavation and Display) diciptakan untuk memungkinkan pencarian berbasis teks pada Gopher Index System.
Wandex adalah mesin pencari pertama dalam bentuk seperti yang kita lihat saat ini, diciptakan pada tahun 1993 oleh Matthew Gray. Wandex adalah program pertama yang melakukan keduanya hal, menyusun indeks dan melakukan pencarian dalam indeks. Teknologi inilah yang pertama kali menjelajahi jaringan internet.
Sejak saat itulah perkembangan mesin pencari dimulai secara komersial. Dalam rentang waktu dari tahun 1993 sampai 1998 bermunculan mesin-mesin pencari yang kita kenal saat ini diantaranya:

Excite – 1993




Excite dibuat Graham Spencer, Joe kraus, Mark Van Haren, Ryan Mclyntre, Ben Lutch, dan Martin Reinfreid.



Yahoo! – 1994


Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.


WebCrawler – 1994



Web Crawler adalah sebuah program/script otomatis yang memprosess halaman web. Bisa juga disebut sebagai web spider atau web robot. Ide dasarnya sangat simpel dan hampir sama dengan ketika kalian sedang menjelajahi halaman website secara manual dengan menggunakan browser. Bermula pada sebuah link alamat website, dibuka pada browser kemudian browser melakukan permintaan dan mendownload data dari web server melalui protokol HTTP. Setiap hyperlink yang ditemui pada konten yang tampil akan dibuka lagi pada windows/tab browser yang baru, demikian proses terus berulang. Nah, Web Crawler mengotomatisasikan pekerjaan ini. Jadi, Web Crawler berfungsi mengidentifikasi hyperlink dan melakukan proses kunjungan/visit secara rekursif.



Lycos – 1994
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di AS pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini. Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di AS (top ke 25). Lycos juga mendapat ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.



Infoseek – 1995




Infoseek didirikan pada tahun 1994 oleh seorang insinyur bernama Steve Kirsch brilian. Ini menjadi sebuah mesin pencari yang sangat populer dan memiliki nama nick. Ada banyak versi tentang kapan dan bagaimana Infoseek menjadi sebuah mesin pencari web yang benar "Big Yellow.". Awalnya, Infoseek Panduan adalah layanan bayar-untuk-digunakan. Tapi, untungnya, biaya itu dijatuhkan pada bulan Agustus 1994. Infoseek benar-benar memukul liga besar dengan kesepakatan strategis pada tahun 1995 ketika meraih kesepakatan untuk Infoseek menjadi default mesin pencari untuk web browser Netscape. Infoseek kemudian menjadi banyak digunakan oleh banyak orang. Pada bulan September 1997, Infoseek telah menjadi begitu terkenal dan telah digunakan 7,3 juta pengunjung per bulan.



AltaVista – 1995


AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.





Inktomi – 1996
Inktomi dibuat oleh Eric Brewer dan Paul Gauthier





AskJeeves – 1997


Ask Jeeves dibuat oleh Garett Gruener dan David Warthen





Google – 1997




Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakanperusahaan saham pribadi pada 4 September 1998 Google muncul di tahun 1998, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia. Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada, namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google. Setelah Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama seperti yang kita ketahui pada hari ini.


MSN Search – 1998


MSN dulu di prakarsai oleh teknologi Yahoo! mereka berniat untuk mempunyai search product buatan mereka sendiri pada akhir tahun 2004 disamping mereka telah menyebarkan beberapa dokumen penelitian ini tidak pasti jika algoritma mereka akan banyak membantu.





Bing – 2009
Bing merupakan mesin pencari ( search engine ) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang di lakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu , yakni Live Search , Windows Live Search , dan MSN Search . Produksi mesin pencari yang baru ini resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya , yaitu Live Search . Bing diciptakkan dengan menggunakan suatu teknologi , yaitu teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat . Disamping itu , Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi histories pencarian melalui Windows Skydrive , Facebook , dan Email . 





Saat ini mesin pencari memiliki kesempurnaan teknologi yang memungkinkan pencarian dengan menggunakan kata atau kalimat seperti yang biasa kita pakai dalam percakapan sehari-hari. Perkembangan yang sangat mengagumkan untuk teknologi yang baru dikenal dalam 15 tahun terakhir saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar